Trending

Menkominfo Jamin Keamanan Data Pelanggan Saat Registrasi Ulang

Menkominfo Jamin Keamanan Data Pelanggan

rakitan.id – Aturan tentang registrasi ulang kartu prabayar oleh setiap pelanggan seluler di Indonesia telah diberlakukan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI pada 31 Oktober 2017 hingga 28 Februari 2018.

Namun, beberapa masyarakat khawatir terkait keamanan data pribadi mereka saat melakukan registrasi ulang kartu prabayar. Untuk itu, Kemkominfo menjamin bahwa registrasi ulang kartu prabayar tidak akan mengancam hak privasi warga negara.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI, Rudiantara dalam sebuah wawancara dengan salah satu stasiun televisi swasta nasional mengatakan bahwa, kewajiban registrasi ulang kartu prabayar tersebut sudah dilindungi oleh Peraturan Menteri Kominfo Nomor 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi dalam Sistem Elektronik.

“Desember tahun lalu kami sudah keluarkan aturan tentang perlindungan data pribadi, dalam permen tersebut juga ada yang sanksi yang dapat dikenakan kepada pengelola data pelanggan jika terjadi pelanggaran,” ujar Rudiantara.

Lebih lanjut ia menjelaskan, meskipun saat ini di Indonesia belum ada undang-undang yang mengatur perlindungan data pribadi, pihaknya tidak dapat menunggu karena dinamika di dunia teknologi berkembang sangat cepat dan pembahasan undang-undang membutuhkan waktu yang cukup lama.

“Kita tidak bisa menunggu, kalau pola pikir kita masih runtut undang-undang dulu dan lain sebagainya, kita akan ketinggalan oleh negara lain,” jelas Rudiantara.

Untuk diketahui, registrasi ulang kartu prabayar bertujuan untuk memberikan kenyamanan dan melindungi para pelanggan dari spam sms yang tidak bertanggung jawab, yang cenderung pada tindak penipuan dan sebagainya.

Komentar Pembaca
Previous ArticleNext Article
Pemikir dan juru tulis aktif di Rakitan.id