Ini Cara Registrasi Ulang Kartu Prabayar Yang Benar

rakitan.id – Pemerintah Pusat melalui Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) mewajibkan masyarakat untuk segera melakukan registrasi ulang kartu prabayar mereka. Hal tersebut tertuang dalam Peraturan Menteri Kominfo Nomor 12 Tahun 2016 Tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi, yang terakhir telah diubah dengan Peraturan Menteri Kominfo Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Perubahan atas Peraturan Menkominfo Nomor 12 Tahun 2016 tentang Registrasi Pelanggan Jasa Telekomunikasi

Registrasi ulang kartu prabayar dilakukan untuk menghindari penyalahgunaan data pelanggan. Pelanggan baru maupun lama wajib melakukan registrasi ulang menggunakan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor Kartu Keluarga (NKK).

Lalu bagaimana buat kamu yang masih berusia dibawah 17 tahun dan belum mempunyai Kartu Tanda Penduduk (KTP), apakah masih bisa daftar? Bisa! Kamu yang berusia dibawah 17 tahun dapat melakukan registrasi ulang dengan menggunakan NIK yang tertera di kartu Keluarga.

Data pelanggan prabayar yang telah melakukan registrasi ulang nantinya akan dicocokan dengan databse Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Meski registrasi ulang kartu prabayar sejatinya dimulai pada tanggal 31 Oktober 2017 dan berakhir pada 28 Februari 2018, saat ini pelanggan sudah dapat melakukan registrasi ulang dengan format sebagai berikut.

Format Registrasi Ulang Kartu Prabayar

Pelanggan Baru 

  • Indosat, Smartfren dan Tri
    NIK#No.KK# (SMS dikirim ke 4444)
  • XL Axiata
    Daftar#NIK#No.KK (SMS dikirim ke 4444)
  • Telkomsel
    Reg<spasi>NIK#No.KK# (SMS dikirim ke 4444)

Pelanggan Lama

  • Indosat, Smartfren dan Tri
    ULANG#NIK#No.KK# (SMS dikirim ke 4444)
  • XL Axiata
    ULANG#NIK#No.KK (SMS dikirim ke 4444)
  • Telkomsel
    ULANG<spasi>NIK#No.KK# (SMS dikirim ke 4444)
Komentar Pembaca
BAGIKAN