Trending

GoPro Putuskan Keluar Dari Industri Drone

Drone Karma GoPro

rakitan.id – Dalam beberapa tahun terakhir, GoPro harus berjuang untuk bangkit dalam keterpurukan. Perusahaan baru saja mengumumkan bahwa mereka keluar dari bisnis pesawat tanpa awak atau drone, mereka juga telah memberhentikan ratusan karyawan dan mengurangi gaji CEO Nicholas Woodman guna tetap bisa bertahan.

Drone Karma adalah perangkat terakhir yang akan dijual oleh perusahaan. Drone Karma pertama kali diperkenalkan pada akhir 2016 lalu, dibanderol dengan harga sekitar Rp 10.700.000 drone ini dianggap terlalu mahal karena sempat terjadi kesalahan yang menyebabkan drone ini kehilangan kekuatan pada November 2016.

Setelah insiden itu, banyak yang membandingkan drone GoPro dengan drone DJI. Drone produksi DJI dianggap lebih baik daripada Drone Karma milik GoPro. Hal tersebut membuat GoPro mengalami kerugian yang cukup besar pada tahun 2016.

Meski sempat menduduki posisi kedua penjualan drone pada tahun 2017, perusahaan mengatakan bahwa produk mereka menghadapi tantangan yang cukup besar di pasar yang sangat kompetitif. Perusahaan juga menyalahkan aturan baru yang diberlakukan di Eropa dan AS yang diklaim membuat pasar drone menurun.

“Faktor-faktor ini yang membuat pasar drone tidak dapat dipertahankan dan GoPro akan keluar dari pasar setelah menjual persediaan Drone Karma yang tersisa. GoPro juga akan terus memberikan dukungan kepada pengguna Drone Karma” terang perusahaan seperti dikutip Rakitan dari TheVerge.

Untuk laporan keuangan, perusahaan mengatakan bahwa pada kuartal keempat tahun 2017 mereka mencatat pendapatan $340 juta. Hal tersebut merupakan penurunan yang besar dibandingkan dengan kuartal yang sama pada tahun 2016. Bahkan, lebih rendah dari perdiksi penjualan di kuartal keempat tahun 2017 yakni $470 juta.

Komentar Pembaca
Previous ArticleNext Article
Pemikir dan juru tulis aktif di Rakitan.id