rakitan.id¬†–¬†William Henry Gates III atau yang lebih populer dengan Bill Gates merupakan pendiri perusahaan raksasa teknologi Microsoft. Bill Gates lahir pada 28 Oktober 1955 di Seattle, Wasington DC, Amerika Serikat.

Bill Gates merupakan anak dari William Gates II dan Mary Maxwel. Dari ayah seorang pengacara dan ibu seorang pengusaha, Bill Gates dididik disiplin dan kerja keras sejak masih kecil. Tak hanya di rumah, orang tuanya juga sangat mengontrol pergaulanya.

Hingga suatu saat, Gates yang dikenal sebagai anak rajin dan cerdas bertengkar dengan orang tuanya karena merasa terlalu dikekang. Ia sempat dilempar botol air minum oleh ayahnya karena berkata kasar pada ibunya.

Kemudian ia dibawa ke seorang konselor, dan konselor tersebut menyatakan Gates akan selalu menang dalam pertengkaran, sehingga ia tidak boleh terlalu dikekang. Akhirnya orang tuanya membiarkan Gates tumbuh mandiri.

Semasa menempuh pendidikan di University of Havard, Gates merupakan salah satu dari empat mahasiswa yang pandai pemrograman yakni Paul Allen, Ric Wiland dan Kent Evans. Di Havard pula ilmu Gates berkembang. Hingga pada suatu hari, Paul Allen teman Gates melihat ada gambar komputer mikro rakitan baru yang revolusioner.

Komputer mikro tersebut adalah MITS Altair 8080 (cikal bakal PC di kemudian hari). Hal tersebut membuat Allen mengajak Gates untuk mengembangkan sebuah bahasa untuk komputer mikro tersebut. Mereka kemudian menulis sebuah adaptasi dari program bahasa BASIC, mereka percaya bahwa komputer kecil itu dapat melakukan keajaiban.

Satu tahun kemudian, MITS Altair 8800 berbasis CPU Intel diluncurkan, hal itu memicu ide Gates untuk mendirikan sebuah perusahaan perangkat lunak dengan menggandeng Paul Allen sebagai mitranya.

Bill Gates kemudian menghubungi MITS dan menawarkan sistem operasi berbasis BASIC yang dapat dipakai sebagai platformnya. MITS pun setuju dengan penawaran Bill Gates, sistem operasi pertamanya dinamai Altair Basic.

Setelah itu, Bill Gates dan Paul Allen memberi nama pada perusahaan softwarenya dengan nama Micro-soft. Namun, tanda sambung tersebut kemudian dihilangkan dan sampai sekarang menjadi Microsoft dengan Bill Gates pemegang saham terbesar.

Kesuksesanya membangun Microsoft mengantarkan Bill Gates menjadi orang terkaya dunia. Hingga saat ini, kekayaan Bill Gates mencapai US$ 86 atau Rp 1.143 Triliun.

Komentar Pembaca
BAGIKAN