Berita

Jangan Panik, Perhatikan Beberapa Hal Ini Saat Usaha Sedang Menurun

Saat Bisnis Sedang Menurun, Coba Pelajari Beberapa Hal Ini

rakitan.id – Hidup ini ibarat roda yang berputar, terkadang berada diposisi atas dan terkadang juga berada di posisi paling bawah. Begitupun dengan menjalankan bisnis/usaha, ada kalanya usaha yang Anda jalankan ramai, ada kalanya pula usaha yang Anda jalankan sepi.

Dalam menjalankan sebuah usaha, Anda selalu dihadapkan pada masalah dan tantangan yang mau tidak mau harus dihadapi. Salah satunya saat usaha Anda berada pada fase sepi, Anda dituntut untuk segera mencari solusi agar usaha Anda kembali stabil dan naik.

Rakitan.id mencoba untuk merangkum beberapa hal yang mempengaruhi penurunan usaha Anda beserta solusinya, berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan dan solusi ketika usaha Anda sedang menurun.

1. Kualitas Produk

Menurunya penjualan produk Anda bisa jadi disebabkan oleh menurunya kualitas produk yang Anda jual. Kualitas produk yang bermasalah membuat pelanggan Anda berfikir ulang untuk membeli produk Anda.

Selain itu, kurangnya inovasi pada produk yang Anda jual juga membuat pelanggan bosan. Lakukanlah inovasi dengan memunculkan produk baru yang membuat pelanggan Anda penasaran dan mau membeli produk Anda.

2. Kualitas Layanan

Pelayanan ini adalah hal yang mendasar dan seringkali diabaikan oleh para pengusaha, pelayanan yang lama dan tidak ramah akan membuat pelanggan merasa tidak nyaman. Jika pelanggan sudah tidak nyaman, akan berdampak pada penjualan yang menurun.

Mulailah untuk ramah pada setiap pelanggan, perintahkan pegawai Anda untuk terbiasa tersenyum kepada pelanggan. Meski terkadang ada pelanggan yang menjengkelkan jangan sampai pegawai Anda terpancing dan melakukan hal-hal yang membuat pelanggan Anda kecewa.

3. Kurang Promosi

Kegiatan promosi tidak akan langsung membuat penjualan Anda naik drastis, tapi setidaknya brand usaha Anda dikenal oleh lebih banyak para calon pelanggan. Jika brand Anda sudah dikenal, ketika seseorang menginginkan sebuah barang akan langsung ingat pada brand usaha Anda dan melakukan pembelian produk Anda.

Saat ini ada banyak media untuk promosi, mulai dari offline dengan menyebar brosur maupun online di sosial media. Pastikan Anda rutin dalam melakukan promosi, karena hal ini sangat berpengaruh pada penjualan produk Anda.

4. Pesaing Usaha Baru

Salah satu penyebab menurunnya penjualan produk Anda adalah adanya pesaing baru yang muncul. Adanya pesaing baru dengan kategori usaha yang sama dengan membuat pelanggan Anda sedikit banyak berkurang dan beralih ke pesaing baru.

Meski demikian, berkurangnya pelanggan Anda tidak akan berlangsung lama jika Anda dapat mempertahankan kualitas produk, layanan yang ramah dan melakukan inovasi dengan memunculkan produk baru.

5. Kondisi Ekonomi Masyarakat

Kondisi ekonomi masyarakat juga berdampak pada penurunan penjualan produk Anda. Sebagus apapun produk yang Anda jual, jika masyarakat tidak punya uang untuk membeli dan sedang menahan uang untuk kebutuhan yang lebih penting misalnya untuk biaya sekolah anak-anak, produk yang Anda jual tidak akan laku.

Ketika daya beli masyarakat sedang menurun, tingkatkan promosi produk yang Anda jual, setidaknya ketika daya beli sudah stabil mereka akan kembali memborong produk yang Anda jual.

Nah, itu adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan ketika usaha yang Anda jalankan sedang dalam fase sepi. Jangan terburu-buru mengambil keputusan untuk menutup usaha Anda, pelajari apa penyebab penurunannya, cari solusinya dan kembali naikan penjualan produk Anda.

Komentar Pembaca
Previous ArticleNext Article
Pemikir dan juru tulis aktif di Rakitan.id