Berita

3 Faktor Ketertarikan 99.co Akuisisi Portal Properti UrbanIndo

99.co mengakuisisi UrbanIndo

UrbanIndo merupakan salah satu portal penyedia informasi properti terbesar di Indonesia yang didirikan oleh Arip Tirta dan Deepak Gupta pada 2011. Namun, secara nasional, portal ini berada di posisi keempat di bawah Rumah123.com milik iProperty dan Rumah.com termasuk Rumahdijual.com milik PropertyGuru.

Berdasarkan data yang dihimpun Rakitan.id, jumlah kunjungan di UrbanIndo mencapai 2 juta per bulan dengan daftar listing mencapai 1,2 juta listing properti. Data tersebut menjadikan UrbanIndo salah satu startup di bidang properti yang menjanjikan dan menjadi faktor ketertarikan perusahaan startup properti singapura 99.co untuk mengakuisisi UrbanIndo.

Proses akuisisi UrbanIndo oleh 99.co dimulai sejak kuartal II 2017 dan mulai aktif dilakukan menjelang kuartal empat tahun lalu. Setelah akuisisi selesai, UrbanIndo kini berada langsung di bawah naungan 99.co dan perubahan struktur perusahaan juga dilakukan.

Akuisisi ini akan memperkuat posisi 99.co sebagai salah satu portal properti di Indonesia dan Singapura. Meskipun nilai transaksi tidak diungkapkan, nama UrbanIndo tetap digunakan dengan alasan banyak konsumen yang mengenalnya.

Berikut ini terdapat 3 faktor ketertarikan 99.co akuisisi portal properti urbanindo.

1. Bonus Demografi

Bonus Demografi

Ketertarikan entitas bisnis asing seperti 99.co masuk ke pasar properti di Indonesia salah satunya karena bonus demografi. Dilansir dari laporan 2017 yang dirilis Lamudi, masyarakat yang mencari properti didominasi kalangan berusia antara 25 tahun hingga 34 tahun atau setara 41,97 persen. Meningkatnya populasi penduduk usia produktif di Indonesia, terutama kalangan muda yang akan atau baru menikah berdampak lurus terhadap kebutuhan tempat tinggal baru.

Faktor demografi yang menjanjikan adalah salah satu alasan kenapa perusahaan properti Siangapura 99.co tertarik untuk mengakuisisi UrbanIndo.

2. Harga

Harga

Selain bonus demografi, faktor lain yang membuat perusahaan asing tertarik terhadap properti Indonesia adalah faktor harga. Harga properti di Indonesia relatif lebih murah jika dibandingkan dengan negara-negara di kawasan Asia lainnya. Karena faktor harga itulah, banyak perusahaan asing termasuk 99.co berlomba-lomba masuk ke Indonesia.

3. Sumber Daya Manusia (SDM) Dan Teknologi

SDM dan Teknologi

Kolaborasi UrbanIndo dan 99.co ini juga diklaim sebagai yang terbesar dari sisi sumber daya manusia. Kini 99.co memiliki 150 pekerja yang tersebar di empat kota, seperti Bandung, Jakarta, Surabaya, termasuk Singapura.

Meskipun sudah diakuisisi, UrbanIndo tidak berhenti menciptakan inovasi teknologi seperti pencarian yang lebih mutakhir, analisis data, termasuk membantu para developer.

Komentar Pembaca
Previous ArticleNext Article
Pemikir dan juru tulis aktif di Rakitan.id